Selasa, 01 Mei 2012

Struktur Pasar

  Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.  Pasar dapat juga di artikan suatu tempat atau interaksi antara pembeli dan penjual dari suatu barang /  jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan. Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen.
     Struktur pasar adalah penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. 
     Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi :
1. Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibagi menjadi beberapa macam :
  • Pasar Tradisional
  • Pasar Raya
  • Pasar abstrak
  • Pasar konkrit
  • Toko swalayan
  • Toko serba ada (toserba)
2. Menurut segi jenis barang yang dijual,pasar dapat dibagi menjadi beberapa macam :
  • Pasar ikan
  • Pasar buah-buahan
  • Pasar sayuran
  • Pasar barang elektronik
  • Pasar barang perhiasan
  • Pasar bahan bangunan
  • bursa efek dan saham
     Struktur Pasar Dapat dibagi menjadi :
  1. Pasar Persaingan Sempurna (perfect competition)
     Pasar persaingan sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak sekali dan produk yang dijual bersifat homogen.
     Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen,dan tidak dapat di bedakan. Semua produk terlihat identik.
     Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna :
1. Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak
2. Produk barang / jasa yang di perdagangkan serba sama (homogen)
3. Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar
4. Tidak hambatan untuk keluar / masuk bagi setiap penjual
5. Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentuka harga
6. Penjual atau produsen hanya berperan sebagai Price taker (pengambil harga).
   2.   Pasar Persaingan tidak sempurna
  • Pasar Monopoli
     Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual / produsen yang berhadapan dengan banyak konsumen / pembeli.
     
     Ciri-ciri pasar monopoli adalah :
  1. Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
  2. Tidak ada barang pengganti / substitusi yang mirip 
  3. Produsen memiliki kekuatan untuk menentukan harga
  4. Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
  • Pasar Oligopoli
     Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual yang menguasai seluruh permintaan pasar. 
     
     Ciri-ciri pasar oligopoli adalah:
  1. Terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar
  2. Barang yang di perjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak, seperti air minum aqua.
  3. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
  4. Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki  / pangsa  pasar  yang terbesar. Penjual ini mempunyai kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contohnya: semen, air mineral, dll.
  • Pasar Duopoli 
     Pasar Duopoli adalah Suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
  • Pasar Monopolistik
     Pasar Monopolistik adalah Suatu bentuk interaksi antara penawaran dan permintaan dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spefisikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual produk yang sejenis.
     
    Ciri-ciri pasar monopolistik :
  1. Terdapat banyak produsen yang berkecimpung di  pasar
  2. barang yang di perjual belikan merupakan batang yang mempunyai corak yang berbeda.
  3. Untuk memenangkan persaingan setiap produsen aktif melakukan iklan.
  4. Keluar masuk pasar produk relatif lebih mudah.
  • Pasar monopsoni
     Pasar Monopsoni  dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. 
     Dalam pengertian ini, pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya hanya satu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar