Sabtu, 09 Oktober 2010

BERAS dan NASI


BERAS DAN NASI
Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang 'pera' (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).
Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi masakan baru, seperti pada nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.


Nasi bagi orang Indonesia menjadi makanan utama. Nasi dari beras putih lebih banyak dipilih dan umumnya dikonsumsi utuh setelah dikukus. Di tangan koki selebriti Rachael Ray, nasi bisa dimunculkan di berbagai masakan. Rachael mampu mentransformasi nasi dalam hidangan bercitarasa China, Jepang, Meksiko, atau India. Selera lebih tergugah dengan variasi menu nasi dari berbagai jenis beras yang ada.
Pilih beras merah daripada beras putih. Versi beras yang satu ini sangat populer dan mudah serta cepat dimasak. Namun, nilai nutrisi beras putih masih lebih sedikit dibandingkan beras merah.
Beras merah lebih bernutrisi dan mengandung serat lebih tinggi. Menanak nasi dari beras merah lebih lama dibandingkan beras putih. Namun, bicara rasa, beras merah lebih kaya. Jika ingin diet, selalu sajikan nasi merah dalam hidangan rumah.


Taukah kalian apa bedanya Nasi, Beras, dan Padi…
buat yang belom tau, kali ini saya mo bahas tentang tiga istilah ini yang sebenarnya sama…
Ok let’s begin :
1. Padi, adalah tanaman pangan yang sudah dari dulu dibudayakan oleh bangsa indonesia, padi merupakan penganan yang biasa dipanen setiap 1 tahun sekali.
2. menurut wikipedia beras adalah butir padi yang telah dipisah dari sekam (kulit padi) atau kalau bahasa saya, beras adalah butir padi yang siap diKarungkan dan dijual di pasar. rata-rata harga beras sekarang sudah mencapai 100 ribuan lebih.
3. Nasi adalah beras yang sudah dimasak dengan cara direbus dan ditanak.
4. Bubur adalah nasi yang dimasak dengan air yang berlebih.
Nah sklusnya yaitu, dari padi -> beras -> Nasi

Nasi merupakan makanan ruji bagi sebahagian penduduk Asia...dimakan bersama lauk pilihan,hidangan nasi juga dipelbagaikan dengan menu2 lain seperti Nasi Goreng,Nasi Ayam,Nasi Lemak dan panjang lagi senarainya jika ditulis.
Sekurang kurangnya sekali mesti nak makan nasi,dan ada pula diantara kita yang tak makan nasi secara sedikit sedikit,ada yang banyak dan ada pula yang Jarang - Jarang...atas pelbagai alasan nak diet,faktor kesihatan dan sebagainya...
Ada yang suka nasi lembik/lembut,ada pula yang suka nasi peroi dan sedikit keras...Apa pula Nasi pilihan Anda?

Sebelum makan Nasi dah semestinya kena cari beras dulu dan untuk ketika ini pula terdapat pelbagai pilihan dan jenama Beras dipasaran.Ada beras Sakura,Jasmine, [jenama MD masih belum ada lagi ]Cap Rambutan,Cap Ketupat,Cap Pisang...banyak sungguh!.Pelbagai rasa dan khasiat juga boleh didapati dari jenama yang ada.Ada beras yang kurang kanji,lebih serat dan sedap dimakan begitu saja..Harga pula mengikut gred....Apa pula Beras pilihan Anda ?
Bahan Makanan Nasi

Bahan makanan yang digunakan untuk membuat hidangan nasi adalah beras. Beras merupakan bahan makanan yang dihasilkan dari padi. Padi berasal dari Asia Tenggara. Secara cepat menyebar ke Asia barat, Cina dan Jepang dimana beras merupakan sumber makanan utama. Pemanfaatannya kemudian menyebar ke Eropa, Nile Delta dan Mediterania. Sekitar tahun 1700 padi diperkenalkan ke USA, dimana sekarang merupakan hasil utama.

Beras merupkan bahan pagan yang berasal dari tanaman padi. Beberapa jenis padi yang terkenal antara lain adalah biji panjang (Long Grain), biji sedang (Medium Grain) dan biji pendek (Short Grain Rice).

Long grain rice lebih sering direbus atau digoreng sementara itu short grain rice lebih disukai untuk pudding beras. Milled rice (padi yang digiling). Padi biasanya mengalami proses penggilingan untuk menghilangkan beberapa bagian lapisan luar atau kulitnya (bran). Banyaknya proses penggilingan menentukan nilai gizi dan cara masak yang terbaik.

Adapun jenis-jenis padi yang ada dipasaran :
  1. Brown rice (padi cokelat) merupakan padi yang dihilangkan sekamnya (hull) tetapi mempertahankan germ dan seluruh kulitnya (bran). Padi ini tanpa digosok (unpolished) dan mempunyai nilai gizi yang tinggi dibandingkan jenis padi lain yang diproses.
  2. Polished atau white rice (padi yang digosok/padi putih) merupakan padi yang lapisan coklat (brown coated) dan sekamnya (bran) telah dihilangkan. Polished rice biasanya dilapis dengan glukosa dan talek agar penampilannya lebih baik dan kualitasnya dapat dipertahankan.
  3. Unpolised rice (padi tanpa digosok) merupakan padi yang sekam dan germ-nya sedikit dihilangkan pada proses penggilingannya.
  4. Converted rice merupakan padi yang varietasnya paling populer digunakan pada servis penyajian makanan. Nilai nutisinya tinggi dan ketika dimasak bentuk dan teksturnya tetap.
  5. Precooked atau nasi instan: tidak begitu bagus, dan nilai gizinya relatif rendah.
  6. Padi yang ditanam oleh Amerika adalah padi yang bersih, kualitas tinggi, tidak pernah disentuh oleh tangan manusia dari ladang sampai pengepakannya. Tidak perlu dicuci sebelum memasaknya.

Pada abad ini produksi beras terus meningkat dengan cepat karena adanya varietas unggul dan teknologi pertanian yang maju. Beras merupakan sumber utama pangan bagi separuh penduduk dunia dan permintaannya pun terus meningkat.

Orang-orang Amerika Utara mengkonsumsi beras sekitar 10 pound (5 kg) per kapita per tahun sedangkan oran-orang Asia mengkonsumsi beras sekitar 200 pound per kepala per tahun. Untuk membuat berbagai macam hidangan dari beras diperlukan jenis beras yang berbeda.

Macam-macam Hidangan Nasi

a. Bubur
Bubur adalah makanan dari beras yang menggunakan bahan cair yang berupa air, kaldu atau santan. Pengolahan bubur menggunakan bahan cair yang lebih banyak dari pada nasi. Umumnya bahan cair yang digunakan untuk memasak bubur adalah 1:4 atau 1:6.

Ada beberapa macam bubur yang berasal dari beras antara lain:
1) Bubur biasa
Bahan dasar beras dengan menggunakan bahan cair air, kaldu atau santan. Pengembangannya bisa disajikan sebagai hidangan sarapan pagi, yang disajikan dengan kuah, bubur bisa disajikan sebagai hidangan selamatan misalnya bubur merah putih dan
bubur asyura.
2) Bubur Menado
Hidangan khas dari Menado, bubur dimasak dengan ubi, jagung dan sayuran. Bubur ini disajikan dengan ikan goreng dan sambal tomat.
3) Bubur Ayam
Bubur ayam berasal dari makanan China. Menggunakan bahan cair kaldu, selain ayam goreng yang menjadi pelengkapnya, juga menggunakan ati dan rempela, telur, tongcai, dan ditaburi dengan bawang goreng.

b. Nasi Tim
Mengolah nasi tim dengan teknik au ban marie atau memasak dengan dua panci sekaligus. Nasi yang dihasilkan dengan teknik mengetim ini adalah nasi yang lunak. Awalnya nasi tim hanya diolah untuk makanan bayi, anak-anak dan orang sakit, namun dalam perkembangannya, nasi tim menjadi nasi yang istimewa, sehingga menjadi nasi tim dijadikan jajanan sepinggan seperti nasi tim ayam, nasi tim telur asin dan sebagainya.

Pengolahan nasi tim sebagai berikut:
  • Beras yang sudah dibersihkan, dimasukkan ke dalam panci tim.
  • Tambahkan bahan cair . Untuk 100 gr beras dibutuhkan 400 cc bahan cair.
  • Masukkan bumbu dan bahan lain, misalnya daging, hati, sayuran.
  • Masukkan panci yang sudah berisi bahan-bahan, kedalam panci lain yang lebih besar.
  • Bagian bawah panci, harus terendam air
  • Masaklah dengan teknik au bain marie.
  • Sajikan.

c. Nasi liwet
Meliwet adalah cara pengolahan yang dimatangkan secara langsung dalam air mendidih. Nasi liwet adalah nasi yang diolah dengan cara diliwet, bahan cair yang digunakan untuk membuat nasi liwet ini adalah air, kaldu atau santan. Salah satu hidangan khas kota Solo adalah nasi liwet solo, yaitu nasi yang diliwet menggunakan santan, sajikan dengan sambal goreng jipang, ayam dan telur yang diopor. Penyajian makanan dengan dipincuk daun, atau dipiring makan yang dialas dengan daun pisang.

d. Nasi Kukus
Mengukus nasi merupakan pekerjaan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mengukus adalah cara pengolahan dimana bahan makanannya diletakkan dalam alat tertentu (misalnya kukusan) dan selanjutnya dimatangkan dengan uap air. Uap air ditimbulkan dari air yang mendidih di bawahnya. Alat untuk mengukus nasi adalah dandang, kukusan atau risopan.

Tahapan mengukus nasi, antara lain adalah sebagai berikut:
  • Dandang diisi air setinggi ujung kukusan, kemudian ditutup dan didihkan.
  • Setelah air mendidih, beras dimasukkan dan ditutup
  • Setelah beras mengembang, angkat dari kukusan dan diaru dalam pengaron (alat seperti baskom, tetapi dibuat dari tanah liat) atau baskom, kemudian dituangi air mendidih.
  • Dandang didisi lagi dengan air dan didihkan kembali, kukusan dimasukkan dan ditutup kembali.
  • Beras aron dimasukkan dalam kukusan dan selanjutnya dikukus sampai masak. Setelah nasi masak, tempatkan dalam tempat nasi, lalu dibulak balik dengan sendok kayu sambil dikipas sehingga nasi menjadi pulen dan tidak lekas basi.

e. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah nasi yang menjadi unggulan dan kebanggaan masyarakat Indonesia. Sesungguhnya nasi goreng ini adalah left over atau nasi sisa yang dingin yang dimanfaatkan kembali untuk sarapan pagi, yaitu dengan cara mengolah kembali bahan makanan dalam penggorengan yang berisi minyak goreng, mentega atau margarine yang cukup panas. Namun dalam perkembangannya nasi goreng ini menjadi nasi yang sangat spesial, karena sangat fleksibel untuk divariasikan dengan berbagai bahan yang lain, sesuai dengan ketersediaan bahan di berbagai daerah.

Sekarang kita mengenal nasi goreng babat, nasi goreng daging kambing, nasi goreng pete, nasi goreng ikan asin dan sebagainya, dengan berbagai teknik penyajian yang menarik. Nasi goreng ini tidak hanya digunakan untuk hidangan makan pagi, tetapi juga sebagai salah satu pilihan menu istimewa dalam hidangan buffet, pilihan hidangan makan siang atau makan malam yang disediakan oleh restoran.

f. Nasi yang Dibungkus Daun
Ada beberapa nasi yang dibungkus daun. Nasi yang dibungkus daun ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dalam mengolahnya dibanding dengan nasi yang diliwet atau di kukus. Hal ini disebabkan karena nasi yang dibungkus menuntut isi yang padat, homogen, teksturnya lebut masak dengan sempurna. Daun yang digunakan untuk membungkus adalah daun pisang, daun kelapa muda, atau daun bambu.



Contoh jenis olahan nasi yang dibungkus daun antara lain arem-arem, lontong, ketupat dan bakcang.
1) Arem-arem
Arem-arem dibuat dari beras yang diaru dengan santan dan garam, dibungkus dengan daun pisang, diisi dengan lauk pauk, bisa sambal goreng, osengoseng atau lainnya. Setelah dibungkus arem-arem dikukus hingga masak. Arem-arem ini ada yang dibungkus dadar telur dahulu pada bagian dalamnya, sebelum daun pisang pada bagian dalamnya.
2) Lontong
Lontong dimasak dengan cara direbus, dimana nasi yang telah dibungkus daun dimasukkan ke dalam air dan dimasak selama 4-5 jam. Untuk mendapatkan lontong yang baik beras yang sudah dicuci diberi sedikit kapur sirih agar warna dan tekstur nya menjadi lebih baik.
Membuat kulit lontong yang sempurna bisa dilakukan dengan pertolongan sebuah pipa, sehingga mendapatkan bentuk lontong dengan garis tengah 2 ½ sampai 4 cm dan panjang 15 – 20 cm.
Teknik yang dianggap lebih praktis, adalah dengan dimasukkan pada loyang yang berbentuk selinder dan dapat dibuka, sebelum diisi loyang dialas daun, sehingga setelah direbus, loyang dibuka, bentuk lontong akan tetap seperti pipa. Lontong disajikan dengan berbagai lauk dan sayur, misalnya sate, sayur lodeh, sayur kare, opor, sambal goreng dan lain-lainnya.

3) Ketupat
Ketupat merupakan nasi yang dibungkus dengan daun kelapa muda yang dianyam khusus. Bentuknya bisa segitiga, segi empat, segi lima. Beras yang setelah dicuci diberi sedikit kapur sirih, diisikan ke dalam anyaman ketupat. Setelah itu rebus selama 4 – 5 jam untuk mendapatkan ketupat dengan tekstur yang diinginkan. Ketupat menjadi hidangan yang khas di hari Lebaran, pada berbagai daerah di Indonesia, disajikan dengan opor ayam, dan sambal goreng.

4) Bak cang
Bak cang adalah hidangan nasi yang diisi, dan dibungkus dengan daun bamboo. Sudah bisa diduga bahwa bahwa bakcang ini bukan makanan asli Indonesia, tetapi dibawa oleh masyarakat China. Bakcang sesuai dengan nama hidangannya, berisi daging babi, namun dalam perkembangannya bakcang disesuaikan dengan agama dan budaya yang dianut bangsa Indonesia, bakcang diisi daging sapi atau daging ayam.

g. Nasi Istimewa

Nasi istimewa merupakan nasi yang dihidangkan sangat special, karena nasi ini dibuat untuk keperluan tertentu, dengan standar tertentu, yang kadang tidak boleh dilanggar.

Beberapa nasi istimewa dapat antara lain adalah :
1) Nasi Gurih atau nasi Wuduk;
Nasi ini digunakan untuk selamatan. Nasi gurih dengan bahan cair santan, ditambah bumbu-bumbu dan dikukus. Nasi ini dihidangkan dengan berbagai macam lauk pauk.
Lauk pauk yang biasa disertakan adalah ayam yang digoreng, atau dibumbu opor, dibuat ingkung. Daging yang diberi bumbu terik atau lainnya, telur yang direbus, direndang atau diasin. Sambal goreng, bisa dari bahan tempe, daging atau labu siam. Jenis kerupuk atau lempeng, rempeyek kacang tanah, kacang kedelai, atau teri. Lalapan yang terdiri dari mentimun, kol, tauge, kemangi, pete atau jengkol yang diiris, dan sambal pecel yang kering.

2) Nasi Kuning
Nasi ini dibuat seperti nasi gurih, tetapi diberi warna kuning dari kunyit, dan sedikit air jeruk nipis agar mendapat warna kuning yang cerah. Untuk mendapat nasi kuning yang mudah dibentuk bisa ditambah dengan campuran beras ketan (I kg beras : 5 sdm beras ketan).
Nasi kuning biasa disajikan dengan ayam goreng, prekedel kentang, sambal goreng tempe kering, telur dadar, lalapan ketimun dan kemangi, dan emping goreng.

h. Tumpeng
Banyak sekali jenis tumpeng yang ada dalam masyarakat Jawa. Para peneliti telah berhasil mengidentifikasi lebih dari 40 jenis tumpeng.
Pada kebudayaan Jawa, pergantian daur kehidupan atau awal dimulainya sesuatu pekerjaan, selalu dianggap sesuatu yang istimewa, dan tumpeng selalu dijadikan sarana atau simbul pada acara-acara tersebut. Hal ini tidak lain dilakukan guna memohon keselamatan dalam setiap pergantian daur kehidupan atau suksesnya suatu pekerjaan yang akan dikerjakannya. Tumpeng Bentuk tumpeng yang kerucut melambangkan keadaan dunia alam raya dan isinya.

Bermacam-macam jenis tumpeng yang biasa terdapat di masyarakat antara lain: tumpeng alus, tumpeng among-among, tumpeng asrep-asrepan, tumpeng blawok, tumpeng biru, tumpeng damar, tumpeng damar murub, tumpeng duplak, tumpeng golong, tumpeng gudangan, tumpeng gundul, tumpeng gurih, tumpeng inthuk-inthuk, tumpeng janganan, tumpeng jene, tumpeng kencana, tumpeng kendhit, tumpeng kuning, tumpeng langggeng, tumpeng mancawarna, tumpeng megono, tumpeng pitu, tumpeng pungkur, tumpeng rajeg dom, tumpeng rapa, tumpeng rasulan, tumpeng robyong, tumpeng ropoh, tumpeng suci, tumpeng tulak, tumpeng wajar / lawaran dan tumpeng urubing damar.
Nasi liwet. Meliwet, adalah cara pengolahan yang dimatangkan secara langsung dalam air mendidih. Nasi liwet adalah nasi yang diolah dengan cara diliwet. Bahan cair yang digunakan untuk membuat nasi liwet ini adalah air, kaldu atau santan. Salah satu hidangan khas Kota Solo ini, dikenal dengan Nasi Liwet Solo.

Biasanya nasi liwet dimasak dengan menggunakan santan, dan disajikan dengan sambal goreng jipang, ayam serta telur yang diopor. Penyajiannya dalam pincuk daun, atau dipiring makan yang dialasi dengan daun pisang.
Nasi Kukus. Mengukus nasi merupakan pekerjaan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mengukus, adalah cara pengolahan dimana bahan makanannya diletakkan dalam alat tertentu (misalnya kukusan) dan selanjutnya, dimatangkan dengan uap air.
Uap air ditimbulkan dari air yang mendidih di bawahnya. Alat untuk mengukus nasi adalah dandang, kukusan atau risopan. Biasanya rasa nasi kukus akan lebih nikmat dibanding nasi yang dimasak dengan rice cooker.
Nasi Jamblang.  Adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon, tempat asal pedagang makanan tersebut.
Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun, bersifat prasmanan.

Menu yang tersedia antara lain sambal goreng (yang agak manis), tahu sayur, paru goreng, semur hati, atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar atau telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe, serta tak tertinggal 'blakutak', sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya.
Nasi Bogana atau Begana. Adalah sejenis nasi putih yang dilengkapi telur pindang, orek tempe, suwir ayam opor, serundeng daging, sambal goreng ati ampela, dan tumis kacang panjang. Kemudian, dibungkus dalam daun pisang.
Nasi putihnya cukup pulen, dan sangat pas ditemani dengan telur pindang yang bumbunya sangat meresap. Orek tempe, serundeng daging, tumis kacang, dan suwir ayam menjadi teman saat menyantap nasi ini. Membuat rasa nasi, menjadi sangat kaya dengan rasa yang istimewa.
Nasi Kebuli. Bagi warga keturunan Arab, nasi kebuli merupakan hidangan wajib pada peringatan Maulid Nabi.  Mereka umumnya menyantap hidangan ini lengkap dengan olahan daging kambing.
Nasi ini terbuat dari beras, yang diberi bumbu-bumbu diantaranya adalah kayu manis, pala, jahe, cengkeh, kapulaga, dan susu cair atau santan. Tak lupa pula sertakan daging has kambing dan kismis.
Nasi Kucing. Dalam bahasa Jawa, dikenal dengan sega kucing. Panganan asli Yogya ini, merupakan suatu penyajian nasi yang dibungkus dengan porsi sedikit, seperti halnya menu makan pada seekor kucing.
Isi nasi yang dibungkus tersebut adalah nasi putih dengan bermacam-macam menu seperti kering tempe, teri goreng, sambal goreng, babat, bandeng, usus, kepala ayam hingga ceker ayam, serta sate telur puyuh yang semua masakannya terasa manis.

Nilai Sebutir Beras atau Nasi
Setiap hari kita biasanya makan sebanyak 3 kali. Kebanyakan orang Indonesia makanan utamanya adalah nasi putih yang berasal dari beras. Tahukah kita berapa jumlah beras atau nasi yang kita makan setiap harinya? Beberapa diantara kita terkadang tidak memperhatikan tentang nilai dari sebuah nasi. Mungkin karena makan merupakan hal yang setiap hari dan berulang kali kita lakukan setiap kali, kita jadi tidak memperhatikan hal tersebut. Makan atau nasi yang tidak habis merupakan hal yang kita anggap wajar atau biasa. Tidak hanya satu butir atau 10 butir bahkan mungkin ratusan butir nasi terbuang sia-sia.
Saya jadi teringat pernah mendengar cerita entah betulan atau tidak, mengenai negeri di Cina yang ketika saat dilanda krisis yang dahsyat. Kaisar memerintahkan setiap penduduknya ketika menyisihkan beras sebanyak 1 butir per anggota keluarga sekali makan. Hal kecil tersebut tentu terasa ringan karena hanya diminta menyisihkan 1 butir nasi saja sekali makan. Akan tetapi efeknya sangat dahsyat jika semuanya melakukan hal yang serupa menyisihkan 1 butir beras setiap kali makan setiap orang. Akhirnya semua butir nasi yang satu persatu dikumpulkan masing-masing keluarga tersebut dikumpulkan jadi satu oleh Negara dan terkumpul dalam jumlah yang sangat buanyak, kemudian beras tersebut dijual kepada Negara lain dan akhirnya Cina bisa terbebas dari krisis.
Demikian dahsyat efek dari 1 butir nasi yang sudah jadi hal yang biasa bagi kita untuk tidak kita habiskan atau kita buang begitu saja. Agar kita bisa memanfaatkan setiap butir nasi kita bisa mengambil nasi sesuai kebutuhan kita saja. Apabila kita makan di luar rumah, kita dapat memesan sesuai kondisi kita saat itu, mungkin kit abisa memesan separo terlebih dahulu, apabila dirasa belum cukup kita bisa menambahnya lagi, kita sendiri yang bisa mengetahuinya sebeapa porsi makan makan kita. Hanya dibutuhkan kemauan dari kita.
Ketika kita Mastermind atau bersama keluarga ada ritual menarik dan mengasyikkan setiap selesai makan yaitu melirik piring yang lain, mencari-cari masih adakah butir nasi yang tersisa di piring atau sendok yang kita pakai, sehingga akhirnya pun kita makan butir nasi yang masih tersisa…
Dalam hal makan pun dibutuhkan prediksi yang tepat agar setiap kita makan tidak ada yang terbuang sia-sia meski hanya satu butir nasi.
Pewangian Beras Menggunakan Karbon Dioksida Cair
Nasi yang enak berasal dari beras yang baik, dan nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Konsumen kini semakin selektif dalam memilih beras berkualitas, bukan hanya tekstur saja tetapi juga aromanya.
Beras wangi alami kini sulit ditemui di pasar. Petani jarang menanam beras wangi karena memerlukan masa tanam yang lebih lama. Lagipula, beras ini mudah diserang hama karena aromanya menarik bagi hama. Di pihak lain, permintaan akan beras wangi terus meningkat.
Metode dalam invensi ini ramah lingkungan karena menggunakan karbon dioksida cair, dan produk beras wangi yang dihasilkan relatif tidak berubah dari bentuk beras asli baik secara fisik maupun kimiawi. Bahan pembawa aroma ini mudah didapat dan harganya relatif terjangkau.

Cara buat beras/nasi merah bagaimana ya ?

Caranya sama seperti menanak nasi beras putih, hanya saja pada beras merah memerlukan lebih banyak air saat menanaknya, jika tidak maka nasi akan terasa pera/keras saat dimakan.

Banyak orang tidak suka nasi merah dengan alasan terasa pera di lidah. Hal ini bisa dihindari dengan cara memilih varietas beras merah yang empuk. Bulir beras merah yang agak bulat (mirip pandanwangi) lebih empuk bila dibandingkan dengan beras merah yang pipih mirip setra ramos atau C4. Selain itu aromanya juga lebih segar. Kemudian pilih beras merah masih berupa beras Pecah Kulit Murni, sebab di pasaran ada dua macam beras merah yaitu yang pecah kulit murni (warna merahnya merata) dan yang sudah disosoh sekali (kelihatan bulir agak putih yang bagian dalam). Kemudian perhatikan cara memasaknya :

Bahan :

375 ml beras merah organik, 1 liter air, daun pandan/salam, sedikit garam

Didihkan air, daun salam/pandan, dan garam dalam panci ukuran 2 liter di atas api sedang.

Masukkan beras merah sedikit-demi sedikit, aduk rata beberapa menit. Tutup pancinya rapat-rapat, didihkan sampai beras agak lunak dan mekar. Angkat dan saring (sisa air digunakan untuk kaldu sup). Pindahkan ke dalam dandang atau rice cooker. Hasilnya lebih enak jika menanaknya dialasi daun pisang. Tanak sampai matang. Untuk 4 – 5 porsi

Catatan : bagi pemula, campur 2/3 bagian beras merah dan 1/3 bagian beras putih. Rebus dulu beras merah seperti di atas. Begitu beras merah mulai mekar, masukkan beras putih. Masak terus sampai air hampir habis, lalu ditanak seperti biasa. Untuk nasi tumis yang lebih gurih, tumis beras dengan 1-2 sdm minyak sayur sebelum direbus).

(Andang Gunawan, 2006, Food Combining, Gramedia, hal. 170-171)

Cara yang lebih praktis untuk menanak nasi merah organik, adalah

200 gr beras merah pecah kulit, dicuci dengan air, tiriskan, masukkan ke dalam magic com, tambahakan 450 cc air mendidih lalu tanak. Waktu memasak memang lebih lama dibandingkan dengan beras biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar